Pengertian Internet dan Asal Mulanya

 

Bagaimana sih asal mula terciptanya internet hingga sampai sekarang ini ?

Internet pada awalnya adalah sebuah projek uji coba dari Departemen pertahanan Amerika Serikat. Proyek ini dibentuk pada tahun 1969 dengan nama ARPA-ARPANET (Advanced Research Project Agency Network). Proyek ini memiliki misi untuk membuat komputer yang berbasis UNIX bisa saling berkomunikasi dari jarak jauh menggunakan jaringan telepon tanpa terbatas oleh jarak.

Proyek ini merancang bentuk jaringan, kehandalan, dan besar informasi yang dapat dipindahkan. Hingga akhirnya semua standar yang mereka rancang menjadi cikal bakal terbentuknya sebuah protokol baru yang kita kenal dengan TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

Pada awalnya, proyek ini hanya untuk kepentingan militer saja, tetapi pada masa Departemen Pertahanan Amerika Serikat membuat jaringan komputer yang tersebar diberbagai wilayah vital. Hal ini bertujuan untuk menghindari data terpusat, sehingga bila terjadi serangan data-data tersebut mudah untuk dihancurkan tanpa kehilangan data backup.
 
 
Awalnya, proyek ini hanya menghubungkan 4 situs saja,yaitu;
  1. Standford Research Institute, 
  2. University of Claifornia, 
  3. Santa Barbara,
  4. University of Utah.
Hingga pada tahun 1972 ARPANET diperkenalkan secara umum. Hingga kemudian proyek ini berkembang pesat dan dikenal di seluruh daerah. pengunaanya pun meluas tidak hanya digunakan untuk kepentingan militer tapi juga untuk kepentingan umum. Setelah meluasnya penggunaan jaringan ini ARPANET pun kewalahan untuk mengaturnya.


Agar tidak tercampur antara penggunaan militer dan penggunaan umum maka ARPANET dipecah menjadi dua, yaitu;
  1. MILNET
  2. ARPANET
Milnet untuk kepentingan militer, dan Arpanet baru untuk kepentingan umum dan universitas-universitas. Gabungan antara keduanya disebut DARPA internet yang kemudian dikenal luas oleh kalangan umum dengan istilah internet.

Penutup Kata
Sekian informasi yang saya share semoga bermanfaat, dan berguna sampai jumpa di next article bye ...

Comments

Post a Comment