Pengertian Website

Apa Sih Website
Ketika kalian Ingin mengakses sebuah halaman situs, mungkin sebagian dari kalian akan mengetikkan kata www didepannya. Misalnya ketika kalian ingin mengakses ke google, maka kalian akan mengetikkan www.google.com/www.google.co.id. Ketikakalian ingin mengakses yahoo, kalian akan mengetikkan www.yahoo.com. Lalu, apa sih www itu?

WWW merupakan singkatan dari World Wide Web, atau yang lebih sering kita dengar dengan sebutan website, atau anak kids zaman now menyebutnya dengan web saja.

Website adalah halaman informasi yang disediakan melalui jalur internet sehingga bisa diakses di seluruh dunia selama terkoneksi dengan jaringan internet. Website merupakan komponen atau kumpulan komponen yang terdiri atas teks, gambar, suara, video, animasi, dsb; sehingga lebih merupakan informasi yang menarik untuk dikunjungi.


Semua informasi yang tersedia di website tersimpan di sebuah internet webserver atau disebut webserver saja. Informasi yang tersimpan di webserver tersebut umumnya akan ditampilkan dalam bentuk HTML (Hypertext Markup Language). Dari komputer yang kita gunakan, website dapat diakses menggunakan sebuah software atau program aplikasi yang disebut web browser atau disebut browser atau disebut browser saja. Contoh-contoh browser adalah Internet Explorer, Opera, Firefox,Chrome, dsb.

Cara Kerja Website
Lalu bagaimana cara kerja website? Nah, kali ini untuk memudah kan pemahaman kalian, silahkan lihat diagram di bawah ini.
  1. Pengunjung mengetikan alamat website yang ingin dikunjungi, misalnya www.shafwanable.my.id
  2. Melalui jaringan internet, pengunjung melakukan request alamat ke www.shafwanble.my.id ke registrar
  3. Registrar adalah perusahaan tempat nama www.shafwanable.my.id terdaftar. Registrar memerintahkan DNS server untuk mencari alamat www.shafwanable.my.id.
  4. DNS server menemukan alamat www.shafwanble.my.id dan memerintahkan hosting server untuk memberikan file-file yang diminta oleh pengunjung.
  5. File-file yang diberikan oleh hosting server diterima dan diterjemahkan (ditampilkan) oleh web browser.

Kata Kunci:
 

Website Adalah

Pengertian Website

Website

Apa Yang dimaksud Dengan Website

Comments